Minggu, 23 Januari 2011

PENGERTIAN TARI (SENI TARI)

Unsur utama yang paling pokok dalam tari adalah gerak tubuh manusia yang sama sekali lepas dari unsur ruang, dan waktu, dan tenaga. 
Tari adalah keindahan ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan berbentuk gerak tubuh yang diperhalus melalui estetika.Beberapa pakar tari melalui simulasi di bawah ini beberapa tokoh yang mendalami tari menyatakan sebagai berikut.
- Haukin menyatakan bahwa tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diubah oleh imajinasi dan diberi bentuk melalui media gerak sehingga menjadi bentuk gerak yang simbolis dan sebagai ungkapan si pencipta. Secara tidak langsung di sini Haukin memberikan penekanan bahwa tari ekspresi jiwa menjadi sesuatu yang dilahirkan melalui media ungkap yang disamarkan.

Macam - macam tarian tradisional indonesia :


1.Tarian-tarian daerah Jawa Barat
-Tari Topeng Kuncaran, merupakan sebuah tarian yang mengisahkan dendam kesumat seorang raja karena cintanya ditolak.
-Tari jaipong 
-Tari Merak, sebuah tari yang mengisahkan kehidupan burung merak yang serba indah dan memukau.

2.Tari-tarian Daerah Bali
-Tari legong, merupakan tarian yang berlatar belakang kisah cinta Raja dari lasem. Diberikan secara dinamis dan memikat hati.

-Tari Kecak, sebuah tari berdasarkan cerita dan Kitab Ramayana yang mengisahken tentang bala tentara monyet dari Hanuman dari Sugriwa

3.Tari-tarian Daerah Istimewa Aceh 
-Tari Seudati, berasal dari Arab dengan latar belakang agama Islam. Sebuah tarian dinamis penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan. Tarian ini sangat disenangi dan terkenal di daerah Aceh.
-Tari Saman Meuseukat, di lakukan dalam posisi duduk berbanjar dengan irama yang dinamis. Suatu tari dengan syair penuh ajaran kebajikan, terutama ajaran agama Islam

4.Tari-tarian Daerah DKI Jakarta 
-Tart Topeng, merupakan sebuah tari tradisional Betawi dalam menyambut tamu agung.
-Tari Yopong, adalah tari persembahan untuk menghormati tamu negara.



5.Tari-tarian Daerah Jawa Tengah
-Tari Serimpi, sebuah tarian keraton pada masa silam dengan suasana lembut, agung dan menawan.

-Tari Blambangan Cakil, mengisahkan perjuangan Srikandi melawan Buto Cakil (raksasa). Sebuah perlambang penumpasan angkara murka.



6.Tari-tarian Daerah JawaTimur 
-Tari Remong, sebuah tarian dari Surabaya yang melambangkan jiwa, kepahlawanan. Ditarikan pada waktu menyambut para tamu.
-Reog Ponorogo, merupakan tari daerah Jawa Timur yang menunjukkan keperkasaan, kejantanan dan kegagahan.



7. Tari-tarian Daerah Lampung.-Tari Jangget, adalah tarian untuk upacar-upacara peradatan. Tarian ini melambangkan keluhuran budi dan susila rakyat Lampung.
-Tari Malinting, merupakan sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat Lampung. Menceritakan tentang kunjungan Sunan Gunung Jati ke Keraton Pulung.





8.Tari-tarian Daerah Nusa Tenggara Barat
-Tari Mpaa Lenggogo, sebuah tarian guna menyambut Maulid Nahi Muhammad SAW. Tarian ini juga scring dipertunjukkan pada upacara-upacara perkawinan atau upacara khitanan keluarga raja.

-Tari Batunganga, sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat. Mengisahkan tentang kecintaan rakyat terhadap putri raja yang masuk ke dalam batu. Mereka memohon agar sang putri dapat keluar dari dalam batu itu.

9.Tari-tarian Daerah Nusa Tenggara Timur 
-Tari Perang, tari yang menunjukkan sifat-sifat keperkasaan dan kepandaian mempermainkan senjata. Senjata yang dipakai berupa cambuk dan perisai.
-Tari Gareng Lameng, dipertunjukkan pada upacara khitanan. Tari ini berupa ucapan selamat serta mohon berkat kepada Tuhan agar yang dikhitan sehat lahir batin dan sukses dalam hidupnya.



10.Tari-tarian Daerah Riau
-Tari Tandak, merupakan tari pergaulan yang sangat di gemari di daerah Riau.

-Tori Joged Lambak, adalah tari pergaulan muda-mudi, yang sangat populer dan disenangi

 












Tidak ada komentar:

Poskan Komentar